Roasted Chicken ala @sofia_cakery :

1 ekor ayam cuci bersihkan

Bahan marinate :
Semuanya kira2 aja ya, gak pake takaran.
Kecap manis
Kecap inggris
Madu
Saus tiram
Thyme
Oregano
Parsley
Lada hitam
Garam

Merpoix ( sayuran ): Wortel, buncis, jagung manis pipil, bawang bombay ( potong kotak) dan 1 sdm margarine.
Aduk rata. Sebelum di panggang masukkan ke dalam rongga ayam.

Cara:
1. Campur semua bumbu marinate di mangkuk kecuali garam dan lada hitam, aduk rata, cicipi dikit kalo kurang2 tambahin
2. Tuang bumbu marinate ke ayam, lumuri sampe benar2 semua kena , sampe dalamnya juga ya. Lalu balur garam dan lada hitam ke seluruh badan ayam, tusuk2 dengan garpu agar meresap.
3. Biarkan di kulkas ( tutup dengan plastic cling, atau pakai wadah macam tupperware lah) diamkan 4-5 jam , atau semalaman.
4. Panaskan oven 180 derajat, siapkan ayam dan sayur panggang 2 jam. ( sampe matang ) mungkin tingkat kematangan lamanya tiap oven beda2 ya jadi di cek aja. Nah karena ini bukan cake, bole kog ovennya di buka sesekali, sambil di oles2 ayamnya pakai kuas dengan bumbu marinatenya , bole juga di kuas dengan kecap manis biar warnanya cakep, tapi saran aku kalo kuas dengan kecap manis, pas 15 menit terakhir aja, soalnya kecap manis gampang gosong. Jangan lupa juga ya balik ayamnya biar semua sisi kepanggang, soalnya bagian bawah ayam kerendam bumbunya jadi ga kaya di panggang kulitnya kaya di steam hahaha. Jadi tadi aku balik 1x
5. Uda siap di sajikan , pake kentang goreng bole, mash potato bole, tapi kita di sini sajikan dengan nasi putih aja. Met makan πŸ—πŸ—πŸ—

View this post on Instagram

Hari ini bikin dinner ayam panggang, pake oven biasa aja, oven api bawah, wadahnya juga piring pyrex aja. Nah itu ngedapatin warna coklatnya itu, saya oles kecap manis ayamnya, biar keliatan mengkilap dan kecoklatan. Bahan marinatenya asal aja ya, yang ada di rumah semua di pakein. Untung koko dede suka, sampe nambah, tapi mereka emang kelaparan sih πŸ˜‚. Ohh iya bikin roasted Chicken ini jangan pakai ayam kampung ya, ngak juicy nanti ( kering ) . Semoga resep asal jadinya bermanfaat ya 😘. Roasted Chicken ala @sofia_cakery : 1 ekor ayam cuci bersihkan Bahan marinate : Semuanya kira2 aja ya, gak pake takaran. Kecap manis Kecap inggris Madu Saus tiram Thyme Oregano Parsley Lada hitam Garam Merpoix ( sayuran ): Wortel, buncis, jagung manis pipil, bawang bombay ( potong kotak) dan 1 sdm margarine. Aduk rata. Sebelum di panggang masukkan ke dalam rongga ayam. Cara: 1. Campur semua bumbu marinate di mangkuk kecuali garam dan lada hitam, aduk rata, cicipi dikit kalo kurang2 tambahin 2. Tuang bumbu marinate ke ayam, lumuri sampe benar2 semua kena , sampe dalamnya juga ya. Lalu balur garam dan lada hitam ke seluruh badan ayam, tusuk2 dengan garpu agar meresap. 3. Biarkan di kulkas ( tutup dengan plastic cling, atau pakai wadah macam tupperware lah) diamkan 4-5 jam , atau semalaman. 4. Panaskan oven 180 derajat, siapkan ayam dan sayur panggang 2 jam. ( sampe matang ) mungkin tingkat kematangan lamanya tiap oven beda2 ya jadi di cek aja. Nah karena ini bukan cake, bole kog ovennya di buka sesekali, sambil di oles2 ayamnya pakai kuas dengan bumbu marinatenya , bole juga di kuas dengan kecap manis biar warnanya cakep, tapi saran aku kalo kuas dengan kecap manis, pas 15 menit terakhir aja, soalnya kecap manis gampang gosong. Jangan lupa juga ya balik ayamnya biar semua sisi kepanggang, soalnya bagian bawah ayam kerendam bumbunya jadi ga kaya di panggang kulitnya kaya di steam hahaha. Jadi tadi aku balik 1x 5. Uda siap di sajikan , pake kentang goreng bole, mash potato bole, tapi kita di sini sajikan dengan nasi putih aja. Met makan πŸ—πŸ—πŸ— #sc_chicken #sc_roastedchicken #ayampanggang #roastedchicken #homecooking #homemade #ayampanggang #sofia_cakery #sofia'skitchen

A post shared by Sofia’s Kitchen (@sofia_cakery) on

Advertisements