@Regrann from @andinskitchen – KANGKUNG CAH UDANG
.

.
BAHAN :
2 ikat kangkung ukuran sedang
300 gram udang kupas
50 ml air
1-2 sdm saos tiram (atur selera)
1 sdm kecap manis
Secukupnya garam
Secukupnya gula
Secukupnya kaldu bubuk
Secukupnya lada bubuk
Secukupnya kecap ikan
6 siung bawang putih (geprek)
5 siung bawang merah (iris)
1 buah bawang bombay (iris besar)
.
LANGKAH :
1. Tumis bawang bawangan sampai harum.
2. Masukan udang lalu masak hingga udang berubah warna, nanti mengeluarkan banyak air udangnya.
3. Masukan lada, saos tiram, kecap manis, gula, dan kaldu bubuk. Aduk rata. *Jangan masukan garam dan kecap ikan dulu yaa. Karena 2 bahan itu kan asin. Sedangkan kaldu bubuk dan saos tiram sudah asin. Nanti saja di akhir kalau kurang asin baru tambahkan 2 bahan itu. Pun kalau kurang asin, dahulukan kecap ikan yaa yang dipakai dari pada garam. Karena baunya khas sekali.*
4. Masukan kangkung dan air. Aduk rata sampai kangkung matang. Koreksi rasa. Bila kurang asin, tambahkan kecap ikan. Kalau masih kurang asin juga kasih garam. Aduk rata. Sajikan.

Note :
1. Kalau mau kental semacam di hot plate, silakan tambahkan larutan maizena di akhir memasak sebelum mematikan api. Masukan larutannya lalu aduk rata sampai kental. Atur kekentalan sesuai selera.
2. Kalau mau cah yang harum kuat ala resto chinese, tinggal tambahkan minyak wijen dan kecap inggris sesuai selera. Ada yg suka pake angciu tp krn gak halal jd aku gak pake.
3. Untuk kangkung cah tauco dan cah balacan aka terasi. Silakan tambahkan tauco dan terasi goreng bisa juga pakai irisan cabai rawit. Tapi untuk 2 jenis masakan itu jangan pakai saos tiram, minyak wijen, dan kecap inggris. Kalau mau bikin versi tauco, hati2 ya kasih garamnya soalnya tauco murni kan asin. Kalau kecap ikan sih boleh pake boleh nggak di 2 varian itu. Tapi hati2 ya kecap ikan juga asin.
4. Ini airnya jangan banyak2 nanti keluar sendiri dari kangkung dan udang basahnya.

View this post on Instagram

KANGKUNG CAH UDANG . Note : 1. Kalau mau kental semacam di hot plate, silakan tambahkan larutan maizena di akhir memasak sebelum mematikan api. Masukan larutannya lalu aduk rata sampai kental. Atur kekentalan sesuai selera. 2. Kalau mau cah yang harum kuat ala resto chinese, tinggal tambahkan minyak wijen dan kecap inggris sesuai selera. Ada yg suka pake angciu tp krn gak halal jd aku gak pake. 3. Untuk kangkung cah tauco dan cah balacan aka terasi. Silakan tambahkan tauco dan terasi goreng bisa juga pakai irisan cabai rawit. Tapi untuk 2 jenis masakan itu jangan pakai saos tiram, minyak wijen, dan kecap inggris. Kalau mau bikin versi tauco, hati2 ya kasih garamnya soalnya tauco murni kan asin. Kalau kecap ikan sih boleh pake boleh nggak di 2 varian itu. Tapi hati2 ya kecap ikan juga asin. 4. Ini airnya jangan banyak2 nanti keluar sendiri dari kangkung dan udang basahnya. . BAHAN : 2 ikat kangkung ukuran sedang 300 gram udang kupas 50 ml air 1-2 sdm saos tiram (atur selera) 1 sdm kecap manis Secukupnya garam Secukupnya gula Secukupnya kaldu bubuk Secukupnya lada bubuk Secukupnya kecap ikan 6 siung bawang putih (geprek) 5 siung bawang merah (iris) 1 buah bawang bombay (iris besar) . LANGKAH : 1. Tumis bawang bawangan sampai harum. 2. Masukan udang lalu masak hingga udang berubah warna, nanti mengeluarkan banyak air udangnya. 3. Masukan lada, saos tiram, kecap manis, gula, dan kaldu bubuk. Aduk rata. *Jangan masukan garam dan kecap ikan dulu yaa. Karena 2 bahan itu kan asin. Sedangkan kaldu bubuk dan saos tiram sudah asin. Nanti saja di akhir kalau kurang asin baru tambahkan 2 bahan itu. Pun kalau kurang asin, dahulukan kecap ikan yaa yang dipakai dari pada garam. Karena baunya khas sekali.* 4. Masukan kangkung dan air. Aduk rata sampai kangkung matang. Koreksi rasa. Bila kurang asin, tambahkan kecap ikan. Kalau masih kurang asin juga kasih garam. Aduk rata. Sajikan. #andinskitchen_kangkung #andinskitchen_udang

A post shared by Andini Putri Pribadini (@andinskitchen) on

Advertisements