@Regrann from @ms.rinadedik – TUTORIAL KIMCHI PART 3

Gambar tutorialnya banyak banget hehheee sampai saya bagi 3 bagian. Yang ini terakhir. Tinggal nunggu proses fermentasi. Foto yang udah jadi besok ya. Sebenarnya ya sama sih ga akan ada perbedaan di tampilan. Kalo dirasa pastinya ada. Rasa kimchi akan lebih asam setelah proses fermentasi. Resep diadaptasikan dari @justtryandtaste. Saya hanya buat sesuai kebutuhan jadi enggak full resep. Yang saya tulis ini sudah saya konversi sendiri. Sayurannya cuma pake sawi saja.

Bahan:
3 buah sawi besar

Bahan pasta kimchi:
50gr tepung beras
550ml air
100gr gula pasir
150gr cabe bubuk
50gr bawang putih, haluskan
3cm jahe cincang
200ml kecap ikan
1 buah bwg bombay, cincang
2 batang daun bawang, potong korek api

Cara (Lihat tutorial bagian 1-3 agar lebih jelas)
TUTORIAL KIMCHI BAGIAN 1 –> cara menggarami sawi
TUTORIAL KIMCHI BAGIAN 2 –> cara membuat pasta kimchi
TUTORIAL KIMCHI BAGIAN 3 –> cara melumuri dan menyimpan kimchi

1. Cuci sawi dan belah sawi menjadi 2 bagian yang sama.
2. Galu garami sawi, jangan sampai terlewat setiap lembarnya. Diamkan 4 jam sampai bobot sawi akan berkurang setengah dan layu.
2. Cuci sawi sampai bersih. Bisa berulang kali. Hal ini dilakukan agar nanti kimchi tidak akan terlalu asin. Sisihkan.
3. Buat pasta: Larutkan tepung beras dengan air dan masak hingga meletup. Masukkan gula pasir dan aduk hingga rata. Matikan.
4. Masukkan bahan lainnya dan aduk hingga rata.
5. Lumurkan pasta kimchi pada sawi hingga semua lembar daun sawi terlumuri dengan baik.
6. Simpan dalam toples. Diamkan dalam suhu ruang selama maksimal 2 hari. Kalo langsung masuk chiller kulkas juga gapapa tapi fermentasi berjalan lambat. Sebenarnya Kimchi langsung bisa dinikmati kok walaupun tidak difermentasi dulu.

View this post on Instagram

TUTORIAL KIMCHI PART 3 Gambar tutorialnya banyak banget hehheee sampai saya bagi 3 bagian. Yang ini terakhir. Tinggal nunggu proses fermentasi. Foto yang udah jadi besok ya. Sebenarnya ya sama sih ga akan ada perbedaan di tampilan. Kalo dirasa pastinya ada. Rasa kimchi akan lebih asam setelah proses fermentasi. Resep diadaptasikan dari @justtryandtaste. Saya hanya buat sesuai kebutuhan jadi enggak full resep. Yang saya tulis ini sudah saya konversi sendiri. Sayurannya cuma pake sawi saja. Bahan: 3 buah sawi besar Bahan pasta kimchi: 50gr tepung beras 550ml air 100gr gula pasir 150gr cabe bubuk 50gr bawang putih, haluskan 3cm jahe cincang 200ml kecap ikan 1 buah bwg bombay, cincang 2 batang daun bawang, potong korek api Cara (Lihat tutorial bagian 1-3 agar lebih jelas) TUTORIAL KIMCHI BAGIAN 1 –> cara menggarami sawi TUTORIAL KIMCHI BAGIAN 2 –> cara membuat pasta kimchi TUTORIAL KIMCHI BAGIAN 3 –> cara melumuri dan menyimpan kimchi 1. Cuci sawi dan belah sawi menjadi 2 bagian yang sama. 2. Galu garami sawi, jangan sampai terlewat setiap lembarnya. Diamkan 4 jam sampai bobot sawi akan berkurang setengah dan layu. 2. Cuci sawi sampai bersih. Bisa berulang kali. Hal ini dilakukan agar nanti kimchi tidak akan terlalu asin. Sisihkan. 3. Buat pasta: Larutkan tepung beras dengan air dan masak hingga meletup. Masukkan gula pasir dan aduk hingga rata. Matikan. 4. Masukkan bahan lainnya dan aduk hingga rata. 5. Lumurkan pasta kimchi pada sawi hingga semua lembar daun sawi terlumuri dengan baik. 6. Simpan dalam toples. Diamkan dalam suhu ruang selama maksimal 2 hari. Kalo langsung masuk chiller kulkas juga gapapa tapi fermentasi berjalan lambat. Sebenarnya Kimchi langsung bisa dinikmati kok walaupun tidak difermentasi dulu. #rinadedik_tutorialkimchi #kimchi #rinadedik_kimchi #koreankimchi #koreandish #doyancooking #berbagiresep #healthyfood #hobbyrina #reenskitchen #dapurrinadedik

A post shared by REEN'S KITCHEN (@ms.rinadedik) on

Regrann App – Repost without leaving Instagram – Download Here : http://regrann.com/download