@Regrann from @xanderskitchen – Tadi sy bikin sawi asin lagi pake caisim. Percaya deh rasanya sama aja dg sawi asin dari sawi pahit 😁 malahan mama sy bilang kalo ga ada caisim pake sawi putih jg bisa tp cari sawi putihnya jangan yg rapaat sekali batang nya , cari yg agak mekar2 bagian batangnya. Selama ini bikin ga pake timbang2 kira2 aja, tadi sy sempatin timbang. Ini bikinnya gampang banget , ga perlu gosok2 sawinya pake garam, ga usah jemur juga. Hasilnya pas asem dan asin nya , ga ada bau2 air apalah seperti kalo beli di pasar apalagi sawi asin yg dijual di spm sy ga pernah beli , kyk obat baunya. Sy rendam dg air tajin. Tau tajin ga ? Org jaman dl biasa kasih susu anak dicampur tajin kan 😁 spy anak lebih kenyang. Bikin tajin nya dari semangkok nasi dimasak aja sama air banyakan sampai keluar sari2 kental nya , saring. Hasil saringan nya itu namanya tajin. Kita lihat hasilnya setelah 3 atau 4hr ya…ini cepet jadinya. TIPS PEMBUATAN SAWI ASIN di posting di sebelah ya

SAWI ASIN
By : xanderskitchen

Bahan :
1.5 kg caisim
2 L air tajin kental
2 L air biasa
135 gr garam
135 gr gula pasir

Cara buat :
1. Caisim dicuci bersih di air mengalir, perhatikan terutama bagian bonggol nya suka banyak tanah. Tiriskan
2. Dalam wadah campur air tajin + air biasa tambahkan garam dan gula , aduk rata sampai larut
3. Masukkan caisim ke dalam larutan air tajin. Usahakan semua bagian tertutup tajin
4. Tutup wadah rapat. Besoknya buka sebentar dan bolak balik caisim nya. Tutup kembali
5. Hari ke 3 biasanya sawi asin udh bagus warna nya dan sudah bisa dikonsumsi tp kalo masih belum rata , balik2 lg tutup rapat lg dan lihat besok nya – JANGAN SIMPAN DI KULKAS

CARA BIKIN TAJIN
Masak 1 mangkok nasi dg air sampai keluar tajinnya. Kemudian saring. Dinginkan

#xanderskitchenrecipe
#xanderskitchen_sawiasin – https://www.instagram.com/p/BV_zgaVha8q/

Regrann App – Repost without leaving Instagram – Download Here : http://regrann.com/download