@Regrann from @mbaiyya –

BANDENG BUMBU LODHO
by @Mbaiyya

Bahan:
1 ekor ikan bandeng / ayam
2 sdt garam
1 sdm air jeruk nipis
1/2 sdt kunyit bubuk
1 batang daun bawang besar, iris kasar
30ml santan kental (aku pake stengah yg segitiga)
1 batang serai, geprek
4 lembar daun jeruk
2 lembar daun salam
1/2 sdm perasan jeruk nipis
75ml air putih
secukupnya Minyak goreng

Bumbu halus:
5 siung bawang merah
3 siung bawang putih
3 butir kemiri
1 cm jahe
1 cm kunyit
1 cm kencur
6 cabe keriting
1 sdt ketumbar sangrai
1 sdt merica
secukupnya garam dan gula
bila suka penyedap

Cara:
Bersihkan ikan, buang insang dan isi perutnya. Potong2 lalu beri perasan jeruk nipis, kunyit bubuk dan garam. Diamkan minimal stengah jam.
Goreng ikan hingga kuning kecoklatan. Angkat tiriskan.
Tumis bumbu halus bersama sereh, daun salam dan daun jeruk hingga wangi. Aku pake minyak bekas penggorengan ikan utk menumis.
Masukkan santan dan air, beri garam, gula pasir/penyedap dan perasan jeruk nipis. Aduk rata, koreksi rata.
Masukkan bandeng goreng, masak hingga bumbu meresap.
Masukkan daun bawang, aduk rata. Matikan api.
Sajikan dgn nasi hangat.

Semoga bermanfaat.

View this post on Instagram

Bandeng dimasak gini enak ya ternyata, khas jawa timuran. resep dr mba Ria Tri Windarti di kukped, biasanya ayam ya tp mba ria pakenya bandeng. alhamdulillah pas bgt aku msh punya bandeng seekor. resep asli pake 250ml santan utk 2 ekor bandeng, aku cuman pake 30ml utk pengental aja, gurihnya kan udah dapet dr kemiri. cobain yuk. BANDENG BUMBU LODHO by @Mbaiyya Bahan: 1 ekor ikan bandeng 2 sdt garam 1 sdm air jeruk nipis 1/2 sdt kunyit bubuk 1 batang daun bawang besar, iris kasar 30ml santan kental (aku pake stengah yg segitiga) 1 batang serai, geprek 4 lembar daun jeruk 2 lembar daun salam 1/2 sdm perasan jeruk nipis 75ml air putih secukupnya Minyak goreng Bumbu halus: 5 siung bawang merah 3 siung bawang putih 3 butir kemiri 1 cm jahe 1 cm kunyit 1 cm kencur 6 cabe keriting 1 sdt ketumbar sangrai 1 sdt merica secukupnya garam dan gula bila suka penyedap Cara: Bersihkan ikan, buang insang dan isi perutnya. Potong2 lalu beri perasan jeruk nipis, kunyit bubuk dan garam. Diamkan minimal stengah jam. Goreng ikan hingga kuning kecoklatan. Angkat tiriskan. Tumis bumbu halus bersama sereh, daun salam dan daun jeruk hingga wangi. Aku pake minyak bekas penggorengan ikan utk menumis. Masukkan santan dan air, beri garam, gula pasir/penyedap dan perasan jeruk nipis. Aduk rata, koreksi rata. Masukkan bandeng goreng, masak hingga bumbu meresap. Masukkan daun bawang, aduk rata. Matikan api. Sajikan dgn nasi hangat. Semoga bermanfaat. #cbc_jawatimuranrek

A post shared by Ira Isnaini (@mbaiyya) on

Regrann App – Repost without leaving Instagram – Download Here : http://regrann.com/download