@Regrann from @anitajoyo –

ONGOL ONGOL
1 kg singkong kupas, parut
350 ml santan sedang *saya pake susu๐Ÿ˜†*
200 gram gula pasir
1 bungkus agar-agar bubuk putih
Pewarna makanan hijau dan merah
Taburan:
100 gram kelapa parut setengah tua
1/4 sdt garam
semua bahan dicampur dan kukus selama 10 menit

Cara membuat:
1. Siapkan kukusan dan didihkan air. Bungkus tutup kukusan dengan serbet
2. Siapkan loyang, olesi dengan minyak goreng, alasi dasarnya dengan plastik tahan panas food grade dan olesi lagi. Sisihkan
3. Peras air singkong tapi jangan sampai singkongnya jadi kering, buang airnya. Sisihkan parutan singkong
4. Dalam wadah/baskom, campur rata gula pasir dan agar-agar bubuk. Masukkan santan. Aduk rata
5. Masukkan singkong parut dan vanili bubuk. Aduk rata
6. Bagi adonan menjadi 3 bagian sama rata. Satu bagian diberi pewarna hijau (aku pasta pandan), satu bagian lagi diberi pewarna merah (aku pasta cocopandan) dan sisanya biarkan putih
7. Tuang adonan hijau dalam loyang. Kukus 20 menit hingga matang. Tuang lagi adonan putih, kukus lagi 20 menit. Terakhir tuang adonan merah dan kukus 30 menit hingga matang. Angkat dan biarkan dalam loyang hingga benar-benar dingin
8. Keluarkan kue dari loyang, potong-potong dan balut dengan kelapa parut kukus

Note
– Jangan mengeluarkan kue dari loyang selagi masih panas karena kue masih lembek, belum kokoh, nanti hancur.
– Agar memotongnya rapi dan tidak lengket di pisau, bungkus pisau dengan plastik. Atau mau pake cara slebor saya ? Saya potong pake palet/spatula plastik yg buat ngaduk adonan๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚
.

View this post on Instagram

2april2017 Assalamu'alaikum ๐Ÿ˜Š Yuhuuu..โ˜บ Kapan hari pas ujan, kok yo kpingin ngemil *napa pas ujan enak buat klosotan dan ngemil yak* Mo bikin gorengan kok ga enak ama mbak sopiah lacubah๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚ Akhirnya bikin ongol2 versi no santen, ga ada santan dirumah, jd diganti susu ๐Ÿ˜‚ tapi punya seuprit parutan klapa sisa bikin urap yg blom dibumbuin, udah dikukus dan masuk friser. Paas kaan๐Ÿ˜‰ Teteup setia dgn resep ongol2 teh @rickeindriani_ordinarykitchen haturnuhuuun Teh๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜ . . ONGOL ONGOL 1 kg singkong kupas, parut 350 ml santan sedang *saya pake susu๐Ÿ˜†* 200 gram gula pasir 1 bungkus agar-agar bubuk putih Pewarna makanan hijau dan merah Taburan: 100 gram kelapa parut setengah tua 1/4 sdt garam semua bahan dicampur dan kukus selama 10 menit Cara membuat: 1. Siapkan kukusan dan didihkan air. Bungkus tutup kukusan dengan serbet 2. Siapkan loyang, olesi dengan minyak goreng, alasi dasarnya dengan plastik tahan panas food grade dan olesi lagi. Sisihkan 3. Peras air singkong tapi jangan sampai singkongnya jadi kering, buang airnya. Sisihkan parutan singkong 4. Dalam wadah/baskom, campur rata gula pasir dan agar-agar bubuk. Masukkan santan. Aduk rata 5. Masukkan singkong parut dan vanili bubuk. Aduk rata 6. Bagi adonan menjadi 3 bagian sama rata. Satu bagian diberi pewarna hijau (aku pasta pandan), satu bagian lagi diberi pewarna merah (aku pasta cocopandan) dan sisanya biarkan putih 7. Tuang adonan hijau dalam loyang. Kukus 20 menit hingga matang. Tuang lagi adonan putih, kukus lagi 20 menit. Terakhir tuang adonan merah dan kukus 30 menit hingga matang. Angkat dan biarkan dalam loyang hingga benar-benar dingin 8. Keluarkan kue dari loyang, potong-potong dan balut dengan kelapa parut kukus Note – Jangan mengeluarkan kue dari loyang selagi masih panas karena kue masih lembek, belum kokoh, nanti hancur. – Agar memotongnya rapi dan tidak lengket di pisau, bungkus pisau dengan plastik. Atau mau pake cara slebor saya ? Saya potong pake palet/spatula plastik yg buat ngaduk adonan๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚ . #uksundayapril #uploadkompakan #AJongolongol #kompakersbalijegeg

A post shared by Food Photography (@anitajoyo) on

Regrann App – Repost without leaving Instagram – Download Here : http://regrann.com/download

Advertisements