@Regrann from @deviirwantari – 
CUMI BAKAR TEFLON PEDAS MANIS
By @deviirwantari
Bahan :
500 gr cumi, ukuran besar
1 buah jeruk nipis, ambil airnya
Bumbu cemplung :
2 ruas lengkuas, memarkan
2 sdt gula merah, disisir
3 lembar daun jeruk
2 lembar daun salam
2-3 sdm kecap manis
1 sdm saos tiram
1 sdm kecap asin
1 sdm air asam jawa
Sejumput gula dan garam (bisa di skip, sesuai selera aja)
Bumbu yang dihaluskan :
10 cabai keriting (sesuai selera)
7 cabai rawit (bisa di skip)
6 bawang merah
4 bawang putih
3 butir kemiri, sangrai
1 ruas kunyit bakar
Cara membuat :
– cuci bersih cumi, buang kotoran dan tinta nya, kerat2 cumi jangan sampai putus. Kucurin dg air jeruk nipis, diamkan selama 15 menit, cuci bersih kembali dan tiriskan
– letakkan cumi (tanpa bumbu) di atas teflon, masak di atas api kecil sebentar aja, untuk menghilangkan air nya
– tumis bumbu halus sampai wangi, masukkan bumbu cemplung, aduk sampai rata dan matang. Matikan api
– dalam wadah masukkan cumi dan tuang kecap manis, kecap asin, air asam dan saos tiram aduk rata bersama bumbu, lalu balurkan semua bumbu, sisihkan selama 1 jam, biarkan sampai bumbu meresap
– panggang cumi di atas teflon di atas api kecil, jangan lama2 agar cumi gak alot/liat. Cumi siap disajikan

Assalamu'alaikum Hari ini banyak kegiatan diluar, hanya bikin cumi request anak2. Ini masak tadi pagi, baru sempet nulis resep sekarang. Btw jangan bosen ya sahabat igers. Kalo saya sering posting cumi lagi. Krn cumi makanan favorit anak2 selain ayam dan udang. Ini bikin cumi dengan bumbu super gampang dan praktis. Pasti pada bisa ya. Ini cumi bakar teflon pedas manis ala dapur saya 😊 CUMI BAKAR TEFLON PEDAS MANIS By @deviirwantari Bahan : 500 gr cumi, ukuran besar 1 buah jeruk nipis, ambil airnya Bumbu cemplung : 2 ruas lengkuas, memarkan 2 sdt gula merah, disisir 3 lembar daun jeruk 2 lembar daun salam 2-3 sdm kecap manis 1 sdm saos tiram 1 sdm kecap asin 1 sdm air asam jawa Sejumput gula dan garam (bisa di skip, sesuai selera aja) Bumbu yang dihaluskan : 10 cabai keriting (sesuai selera) 7 cabai rawit (bisa di skip) 6 bawang merah 4 bawang putih 3 butir kemiri, sangrai 1 ruas kunyit bakar Cara membuat : – cuci bersih cumi, buang kotoran dan tinta nya, kerat2 cumi jangan sampai putus. Kucurin dg air jeruk nipis, diamkan selama 15 menit, cuci bersih kembali dan tiriskan – letakkan cumi (tanpa bumbu) di atas teflon, masak di atas api kecil sebentar aja, untuk menghilangkan air nya – tumis bumbu halus sampai wangi, masukkan bumbu cemplung, aduk sampai rata dan matang. Matikan api – dalam wadah masukkan cumi dan tuang kecap manis, kecap asin, air asam dan saos tiram aduk rata bersama bumbu, lalu balurkan semua bumbu, sisihkan selama 1 jam, biarkan sampai bumbu meresap – panggang cumi di atas teflon di atas api kecil, jangan lama2 agar cumi gak alot/liat. Cumi siap disajikan #cumi#cumibakarteflon#shareresep #homemade#dapurnyadevi #mykitchen#foodphotos#foodphotograph#foodgram#foodgams#foodies#instafood#instafodie#instacook#foodpost#instadaily#like#likes#likes4likes#like4follow#foodlovers#foodstagram#indonesianfood#foodlovers#foodstagram#instapic#instafood#instalike#instagood#yummyfood#kulinerindonesia

A post shared by Nurulita Devi Irwantari (@deviirwantari) on

Regrann App – Repost without leaving Instagram – Download Here : http://regrann.com/download

Advertisements