Month: January 2017

ACAR MENTIMUN

Posted on

ACAR MENTIMUN
.
BAHAN :
1 buah timun ukuran besar yg berdaging tebal (buang bijinya ambil dagingnya aja)
1 buah wortel (pilih yg muda,kalau tua buang batang ditengahnya )
Cabe rawit hijau sesuai selera
Bawang merah uk.kecil bisa dipotong bisa utuh secukupnya
Cuka secukupnya
Gulapasir secukupnya
Garam secukupnya.
.
CARA MEMBUAT :
Dalam wadah masukan cuka,gulapasir dan garam secukupnya aduk rata.
Kupas dan cuci bersih wortel lalu potong2 sesuai selera,masukan kedalam air cuka yg sudah bercampur gula & garam
Masukan juga potongan bawang dan cabe rawit,aduk rata diamkan kurleb 20 menit agar meresap.
Terakhir masukan potongan timun,aduk rata semuanya hingga meresap cek rasa asem manis dan asinnya.
Simpan dalam wadah tertutup bisa lgsung digunakan ataupun disimpan dlu dlm kulkas

________________ Assalamualaikum.. Bikin acar Mentimun yuk.. Pasti rata2 ibu2 dah bisa bikin Karena Mudah dan cepat..😀 Kalo dah jadi bisa disimpan dikulkas Taruh dalam wadah tertutup. Disantap dengan mie/ nasi goreng,kare ayam/daging,bistik ataupun martabak duhh klop sedap pastinyaa 😋 Oya saya klo bikin acar ngga perlu ditambah air,sebab kandungan air dari mentimun akan kluar dgn sendirinya,plgi klo ada yg suka dicampur nenas smkin berair nantinya acarnya 😊 . ACAR MENTIMUN . BAHAN : 1 buah timun ukuran besar yg berdaging tebal (buang bijinya ambil dagingnya aja) 1 buah wortel (pilih yg muda,kalau tua buang batang ditengahnya ) Cabe rawit hijau sesuai selera Bawang merah uk.kecil bisa dipotong bisa utuh secukupnya Cuka secukupnya Gulapasir secukupnya Garam secukupnya. . CARA MEMBUAT : Dalam wadah masukan cuka,gulapasir dan garam secukupnya aduk rata. Kupas dan cuci bersih wortel lalu potong2 sesuai selera,masukan kedalam air cuka yg sudah bercampur gula & garam Masukan juga potongan bawang dan cabe rawit,aduk rata diamkan kurleb 20 menit agar meresap. Terakhir masukan potongan timun,aduk rata semuanya hingga meresap cek rasa asem manis dan asinnya. Simpan dalam wadah tertutup bisa lgsung digunakan ataupun disimpan dlu dlm kulkas 👌 . #uploadkompakan #uksyaladendeus_blitar #acarmentimun #foodphotography #homemadefood #fotomasak

A post shared by HAY (@hanhanny) on

WADAI AMPARAN TATAK PISANG

Posted on Updated on

🍌WADAI AMPARAN TATAK PISANG🍌BAHAN LAPISAN BAWAH :
200 gr tepung beras
600 cc santan sedang
100 gr gulapasir (manis trgntung selera)
1 kotak vanilli
1 butir telur
Sejumput garam
10 buah pisang mauli (400 gr) yg cukup matang (Cacah2 kecil ) bisa pke pisang raja atau kepok.
1 lmbar Daun pandan .
LAPISAN ATAS :
50 Gr tepung beras
500 ml santan kental
25 gr gulapasir
1 sdt garam
.
PELENGKAP :
Dandang utk mengukus (lapisi serbet bersih tutup dandang)
Loyang ( saya pake loyang persegi diameter 22 cm )
.
CARA MEMBUAT :
Lapisan Bawah :
Rebus dulu sampai mendidih Santan,gula,daun pandan,selesai matikan api.
Dalam wadah Campur rata tepung beras,vanili,garam,telur lalu tuang rebusan santan tadi aduk rata smuanyaa sampai tidak bergumpal ( saring klo perlu)
Masukan kedalam loyang yg sudah diolesi tipis minyak goreng dan dilapisi plastik tahan panas.
Sisakan/sisihkan 1/4 adonan utk kmudian dicampur dgn cacahan pisang
Kukus kurleb 20 menit.
Setelah 20 menit tuang adonan yg sudah dicampur dgn cacahan pisang,kukus lgi kurleb 15 menit.
.
Sambil Menunggu lapisan Bawah dikukus,kita masak utk lapisan Atas
Campur Tepung beras dgn Santan kental,masukan garam dan gulapasir, rebus sampai mndidih dan semuanya tercampur rata,lalu matikan api,lanjut aduk sampai kalis dan tidak bergerindil
Tuang diatas lapisan Pisang yg dikukus tadi,kukus kmbli kurleb 25 menit atau smpai matang.
.
Dinginkan dulu suhu ruang baru dipotong2

. Banyak kue/kuliner yg diolah berbahan dasar pisang,Dan yg saya olah kali ini adalah WADAI AMPARAN TATAK PISANG,kue tradisional khas dari Kalimantan Selatan ini sangat familiar dan mudah ditemukan dikotaku samarinda,apalagi saat bulan Ramadhan tiba,kue ini pasti larismanis diserbu pembeli,tp daripda beli muluu kita bisa membuatnya sendiri dirumah,berbahan dasar pisang,tepung beras plus berpadu dgn gurihnya santan mbuat kue ini sangat nikmat utk disantap,dikasih sepotong?..kyna masih kurang deh hehe….😆 . 🍌WADAI AMPARAN TATAK PISANG🍌 BAHAN LAPISAN BAWAH : 200 gr tepung beras 600 cc santan sedang 100 gr gulapasir (manis trgntung selera) 1 kotak vanilli 1 butir telur Sejumput garam 10 buah pisang mauli (400 gr) yg cukup matang (Cacah2 kecil ) bisa pke pisang raja atau kepok. 1 lmbar Daun pandan . LAPISAN ATAS : 50 Gr tepung beras 500 ml santan kental 25 gr gulapasir 1 sdt garam . PELENGKAP : Dandang utk mengukus (lapisi serbet bersih tutup dandang) Loyang ( saya pake loyang persegi diameter 22 cm ) . CARA MEMBUAT : Lapisan Bawah : Rebus dulu sampai mendidih Santan,gula,daun pandan,selesai matikan api. Dalam wadah Campur rata tepung beras,vanili,garam,telur lalu tuang rebusan santan tadi aduk rata smuanyaa sampai tidak bergumpal ( saring klo perlu) Masukan kedalam loyang yg sudah diolesi tipis minyak goreng dan dilapisi plastik tahan panas. Sisakan/sisihkan 1/4 adonan utk kmudian dicampur dgn cacahan pisang Kukus kurleb 20 menit. Setelah 20 menit tuang adonan yg sudah dicampur dgn cacahan pisang,kukus lgi kurleb 15 menit. . Sambil Menunggu lapisan Bawah dikukus,kita masak utk lapisan Atas Campur Tepung beras dgn Santan kental,masukan garam dan gulapasir, rebus sampai mndidih dan semuanya tercampur rata,lalu matikan api,lanjut aduk sampai kalis dan tidak bergerindil Tuang diatas lapisan Pisang yg dikukus tadi,kukus kmbli kurleb 25 menit atau smpai matang. . Dinginkan dulu suhu ruang baru dipotong2. . #homemadefood #AmparanTatak #traditionalfood #pesonakulinernusantara2016 #ramadhan2016

A post shared by HAY (@hanhanny) on

Bubur Kacang Ketan Hitam

Posted on


Bahan:
150 gr kacang hijau
150 gr ketan hitam
85 gr gula pasir
130 gr gula merah
1/2 sdt garam
Kayu manis setengah telunjuk
2 lembar daun pandan
600 ml santan dari 1/2 buah kelapa ukuran besar
Air merebus secukupnya (sesuai tingkat kematangan kacang dan ketan)
Cara membuat:
Cuci kacang hijau dan ketan. Masak dengan air sampai matang ( kacang pecah) di api sedang. Masukkan kayu manis dan daun pandan. Tutup panci. Jika kurang matang dan air tinggal sedikit tambahkan air lagi. Pastikan kacang sudah pecah, dan setelah air berkurang tambahkan 500 ml santan, lalu gula pasir dan gula merah. Masak sampai sedikit mengental. Matikan kompor. Lalu panaskan sisa santan yang 100 ml dan beri garam. Sajikan bubur dengan santan di atasnya. 

Ini kesukaan gue! Bahan: 150 gr kacang hijau 150 gr ketan hitam 85 gr gula pasir 130 gr gula merah 1/2 sdt garam Kayu manis setengah telunjuk 2 lembar daun pandan 600 ml santan dari 1/2 buah kelapa ukuran besar Air merebus secukupnya (sesuai tingkat kematangan kacang dan ketan) Cara membuat: Cuci kacang hijau dan ketan. Masak dengan air sampai matang ( kacang pecah) di api sedang. Masukkan kayu manis dan daun pandan. Tutup panci. Jika kurang matang dan air tinggal sedikit tambahkan air lagi. Pastikan kacang sudah pecah, dan setelah air berkurang tambahkan 500 ml santan, lalu gula pasir dan gula merah. Masak sampai sedikit mengental. Matikan kompor. Lalu panaskan sisa santan yang 100 ml dan beri garam. Sajikan bubur dengan santan di atasnya. #buburkacanghijau#buburkacanghitam#buburketan#buburkacangketanhitam#buburdsc#dapursicongok#doyancooking#doyanbaking

A post shared by dapursicongok 9.6.16 (@dapursicongok) on

Terong Teri Sambal Ijo

Posted on Updated on

Bahan :
1 buah terong bulat lonjong besar atau 2 buah terong lonjong panjang.
Cabe hijau 15 biji
4 siung bawang merah
1 siung bawang putih
20 gr rebon udang
Seiris tipis tomat (lebih bagus pake tomat hijau sekitar 2 biji yang ukuran kecil sedang), saya pake yang merah karena ga ada tomat hijau.
Garam secukupnya 
1 sdt gula pasir
Minyak untuk menggoreng dan menumis
Ikan teri goreng sebagai taburan (porsi sesuai selera)
Bawang goreng secukupnya sebagai taburan 
Cara membuat:
Potong terong menjadi beberapa bagian. Taburi garam dan biarkan sekitar 5 menit.
Goreng dan angkat setelah terlihat kecoklatan.
Haluskan cabe, bawang dan rebon. Jangan terlalu halus. Biarkan agak sedikit kasar.
Tumis sampai wangi. Kasih garam dan gula pasir. Lalu taburkan di atas terong yang disusun di piring. Biarkan agak dingin. Baru taburi teri dan bawang. Sajikan

Ini berhasil membangkitkan mood gue yang jelek bgt hari ini. Pedes, asin dan sedikit manis… Lembek terongnya cocok dengan garing terinya. Bahan : 1 buah terong bulat lonjong besar atau 2 buah terong lonjong panjang. Cabe hijau 15 biji 4 siung bawang merah 1 siung bawang putih 20 gr rebon udang Seiris tipis tomat (lebih bagus pake tomat hijau sekitar 2 biji yang ukuran kecil sedang), saya pake yang merah karena ga ada tomat hijau. Garam secukupnya 1 sdt gula pasir Minyak untuk menggoreng dan menumis Ikan teri goreng sebagai taburan (porsi sesuai selera) Bawang goreng secukupnya sebagai taburan Cara membuat: Potong terong menjadi beberapa bagian. Taburi garam dan biarkan sekitar 5 menit. Goreng dan angkat setelah terlihat kecoklatan. Haluskan cabe, bawang dan rebon. Jangan terlalu halus. Biarkan agak sedikit kasar. Tumis sampai wangi. Kasih garam dan gula pasir. Lalu taburkan di atas terong yang disusun di piring. Biarkan agak dingin. Baru taburi teri dan bawang. Sajikan #teridprsicongok#dapursicongok#doyancooking#dc_teri#ourecipe#doyanbaking#doyanmasak#

A post shared by dapursicongok 9.6.16 (@dapursicongok) on

Dadar Telur Sambal

Posted on

Bahan: 
3 butir telur, beri garam dan kocok. Lalu dadar , potong potong dengan sendok goreng. 
10 biji cabe merah, 5 siung bawang merah, 1 siung bawang putih, 1 buah tomat ukuran sedang. Sedikit jahe. Ulek semua dan tumis. Kasih garam. Setelah sambal matang masukin dadar telurnya.

Bubur Sumsum Biji Salak

Posted on

Bahan Biji Salak:
150 gr tepung ketan
185 ml santan (kurang lebih) untuk bahan adonan biji salak
250 ml santan untuk proses memasak bijik salak tahap kedua
Garam secukupnya (sesuai selera)
2 lembar daun pandan masing masing ikat simpul
100 gr gula merah (usahakan yang coklat gelap)
3 sdm gula pasir 
Sedikit kayu manis

1 sdm tepung ketan plus 2 sdm air (campur), ini untuk membuat kuah biji salak lebih mengental.
Bahan bubur sumsum:
80 gr tepung beras
600 ml santan (kulitnya dibuang dolo ya sebelum diparut atau diblender biar warnanya putih bersih)
Garam
1 lembar Daun pandan 
Untuk tuangan: santan seperlunya.

Cara membuat :
Siapkan tepung ketan di dalam panci, kasih sedikit saja garam, tuang santan sedikit2. Intinya sampai kalis aja. Kalau sudah kalis berhenti memberi atau menambah air. Jadi ukuran air yang gue kasih sifatnya relatif.
Didihkan air, kasih sedikit saja garam dan daun pandan. Bentuk bulat kecil adonan ketan, rebus di dalam air dan biarkan sampai mengapung ke atas. Kalau sudah, angkat dan tiriskan.
Tahap memasak bijik salak yang kedua: 
Didihkan santan yang sudah dicampur irisan gula merah dan gula pasir. Beri daun pandan dan kayu manis. Api kecil saja. Masukan biji salak. Biarkan sampai air santan terlihat sedikit mengental. Dan setelah biji salak terlihat berwarna kecoklatan, masukan 1 sdm tepung ketan yang sudah dicampur air sebelumnya. Aduk cepat sampai air kelihatan meletup2. Matikan api.

Untuk bubur sumsumnya : 
masak santan yang sudah dicampur tepung beras dan garam. Tes rasa asinnya ya. 
Api kecil dan aduk2 terus sampai mengental dan matikan api. 
Sajikan sumsum di piring atau mangkok, kasih biji salak di atasnya dan tuang santan . 

https://www.instagram.com/p/BJ8MYylBDWa/

Udang Goreng Mayones

Posted on

Bahan:
10 udang besar dan segar. Buang kepala, kulit dan ekornya. Rendam dengan perasan lemon dan garam. 
2 sdm tepung goreng (gue pake tepung kemasan khusus menggoreng udang gitu, banyaklah dijual, pakai maizena juga boleh katanya)
Air secukupnya
Secukupnya tepung untuk lapisan menggoreng
1 butir telur ambil bagian putihnya saja.
Sedikit merica dan garam
3 sdm mayones usahakan yang kualitas bagus ya biar hasilnya legit. Gue pake Hellmanns.
2 sdm susu kental manis
Seujung sdt garam
Minyak u menggoreng
Biji wijen seperlunya
Cara membuat:
Campur 2 sdm tepung dengan putih telur, kocok dan tambahkan air sampai tercampur rata. Konsistensinya tidak terlalu kental ya. Kalau disendok lalu dituang campurannya gampang jatuh dan tidak lengket disendok.
Masukin merica dan sedikit garam.
Panaskan minyak di api sedang. Lalu masukan udang kedalam campuran tepung dan air tadi kemudian olesi lagi dengan tepung kering. Goreng. Goreng jangan sampai tepung coklat banget, asalkan wangi udangnya keluar dan kulit tepung terlihat kering sudah bs diangkat. Supaya daging udang teksturnya berasa segar dimulut dan tidak terlalu alot karena kelamaan digoreng.
Lalu campur mayones, susu dan garam. Aduk pelan aja dan ga perlu lama biar tidak encer. Masukan udang kedalamnya. Taruh di piring dan taburi dengan biji wijen. Sajikan lagi hangat. 

https://www.instagram.com/p/BKIQgPmAyvt/