image

@Regrann from @hanhanny – _____________

BUBUR HINTALU KARUANG
.
BAHAN BOLA2 :
150 gr tepung ketan
50 gr tepung beras
Air matang Secukupnya
1 sdm air kapur sirih
.
BAHAN KUAH :
200 gr gulamerah
1 sdm gulapasir ( tmbhan mnis sesuai selera )
1 sdt garam
200 cc air utk merebus gulmer
1000 cc santan sedang
2 lembar daun pandan
1 butir telur yg dikocok lepas ( ini bs dskip klo ngga suka,saya pke stenghnya aj )
2 sdm tepung beras yg dilarutkan dgn sdikit air ( agar kuah nntinya agak kental )
.
CARA MEMBUAT :
.
Masukan dalam wadah tepung ketan dan tpung beras,uleni dgn air kapur sirih dan air matang secukupnya sdikit dmi sdikit ( klo adonan dah bisa dipulung stop pmberian air )
Bulat2kan sbesar kelereng,taruh diwadah lebar yg ditaburi tepung ketan tipis2 biar ngga lengket,lakukan hgga slesai.
.
MEMBUAT KUAH :
Rebus gulamerah dan gulapasir dengan air smpai mndidih,saring.
.
Rebus Santan,Daunpandan,garam,msukan air gula merah,rebus hingga mndidih tpi santan tidak pecah,aduk2 trus kecilkan api,masukan kocokan telur aduk rata agar berserabut,kemudian msukan bola2 tepung,tunggu smpai mndidih dan mengapung yg brrti sdah matang,terakhir tuangi larutan tepungberas agar kuahnya agak mengental,aduk rata dan didihkn skli lagi,matikan api.
.
Diamkan dlu kurleb 30 mnit sblum disajikan agar bola2 tepung meresap dikuah,mau disiram lgi dgn tambahan santan kental dibelakangan boleh jg mkin gurih,tapi tanpa santan lagipun dah uenakk bgettt,plgi klo bola2nya dah terendam lama dikuah,manis gurihnyaaa mkin endess 😋
.
https://instagram.com/p/BFQ6iMDgacw

Regrann App – Repost without leaving Instagram – Download Here : http://regrann.com/download

Advertisements